Main Article Content

Abstract

Kemandirian adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain.Sedangkan bermain peran adalah kegiatan bermain dimana anak-anak melakukan kegiatan meniru perilaku, Perilaku ini dapat berupa perilaku manusia, binatang dan tanaman. Bermain peran disebut juga bermain pura-pura. Masalah penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran bermain peran dengan alat peraga pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A PAUD KOBER NURANI BUNDA. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian  Tindakan Kelas (PTK), dalam penelitian ini lebih mengutamakan deskriptif-analitik untuk memecahkan sebuah konsep didalam nya, subjek penelitian 15 siswa kelompok A. Kemandirian anak yang diamati dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yaitu kemandirian siswa dalam memakai kaos kaki dan memakai baju. Hasil penelitian membuktikan maka terjadi peningkatan kemandirian anak selepas siklus pembelajaran. Kemandirian memakai kaos kaki (9,5% pada siklus 1) dan memakai baju (4% pada siklus 1) anak meningkat 100% pada siklus ke II. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bermain peran menggunakan alat peraga dan bercerita di PAUD KOBER NURANI BUNDA mampu meningkatkan kemandirian anak dalam memakai kaos kaki dan memakai baju.


Kata Kunci : Kemandirian anak, metode bermain peran

Article Details